Jangan Sepelekan Tertusuk Paku

Posted by:






Tidak banyak orang yang segera membawa dirinya ke fasilitas kesehatan setelah kakinya tertusuk paku. Kebanyakan dari mereka biasanya menunggu hingga ke esokan harinya, entah karena belum ada waktu atau tidak mengerti bahwa ada UGD Rumah Sakit yang buka selama 24 jam dan siap mengatasi masalah diatas. Kebanyakan masih menganggap bahwa tertusuk paku adalah suatu hal yang biasa terjadi dan penanganannya masih bisa ditunda dulu.

Tahukah anda bahwa banyak kasus tertusuk paku ini yang berakhir dengan kematian. Dan biasanya setelah digali informasi lebih lanjut, kebanyakan penyebabnya karena lambatnya penanganan terhadap luka tusuknya. Ketika suatu kondisi tertentu bisa berakibat pada kematian, maka hal itu tentunya perlu dipandang lebih serius lagi oleh masyarakat.

Luka tusuk, terutama yang disebabkan oleh paku yang kotor dan berkarat, berpotensi tinggi menimbulkan suatu penyakit yang disebut Tetanus. Penyakit Tetanus adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Clostridium Tetani, yang melepaskan semacam toksin atau zat beracun kedalam darah seseorang. Paku adalah sebagai perantara masuknya kuman ini kedalam tubuh.

Clostridium Tetani adalah bakteri yang biasanya sering terdapat ditanah ataupun kotoran hewan. Bakteri ini senang hidup pada luka yang tertutup. Setelah bakteri ini masuk kedalam tubuh, gejala penyakit bisa muncul dalam 2-50 hari.

Gejala awalnya bisa berupa demam atau kekakuan pada otot, terutama otot rahang. Orang yang menderita tetanus biasanya kesulitan untuk membuka mulutnya. Kekakuan kemudian berlanjut ke leher, bahu, perut, punggung, dan anggota gerak. Selain kekakuan otot, juga biasanya disertai kejang hingga tidak sadarkan diri. Orang yang menderita tetanus biasanya sangat sensitif terhadap rangsangan baik suara maupun cahaya, sehingga biasanya dirawat disuatu ruangan terisolasi dirumah sakit.

Karena itu untuk mencegah hal-hal diatas, maka sangat disarankan kepada masyarakat untuk segera memeriksakan dirinya ke sarana kesehatan terdekat setelah mengetahui dirinya tertusuk paku. Pencegahan tetanus akan segera dilakukan oleh tenaga medis dengan cara menyuntikkan serum anti tetanus kedalam tubuh.

Tapi sayangnya, serum anti tetanus ini hanya bermanfaat bila diberikan maksimal 8 jam setelah kejadian, karena itu ketika kaki kita tertusuk paku maka segeralah dibawa ke sarana kesehatan terdekat, agar penanganannya optimal.

Selain pemberian anti tetanus serum, juga akan dilakukan pembersihan luka dengan cara mengiris kecil jaringan tubuh disekitar luka, dengan maksud agar kuman tetanus tidak bisa tumbuh didalamnya. Hal ini dikarenakan kuman tetanus sangat suka pada luka tertutup yang minim oksigenasi kejaringan, makanya kita perlu membuat luka tusuk ini menjadi luka terbuka. Perlu dicatat, bahwa menyiramkan luka dengan air bersih, air panas, diberi betadine, alkohol, ataupun menaburkan kapsul antibiotik disekitar luka tidak akan bisa mencegah infeksi oleh kuman tetanus!.

Nah, setelah membaca informasi singkat ini kan jadi mengerti bahwa luka tusuk itu bukanlah hal sepele dan perlu penanganan segera. Hal ini agar penanganan lukanya optimal dan tidak muncul penyakit tetanus dikemudian hari .




170

About the Author:

Comments

  1. akram  December 25, 2015

    aduh gan kaki saya 1 jam yg lalu tertusuk paku berkarat 2 inci panjang ny. hmm gimna ni takut terkena infeksi

    reply
  2. Irawaty_saelangi@yahoo.com  March 27, 2016

    Kaki saya kemarin tertusuk paku. Lalu saya ke rmh sakit.. Luka saya di bersihkan dan saya di suntik anti tetanus…

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  May 12, 2016

      Apa yang anda lakukan sudah tepat, dan mohon informasi ini bisa dibagi kepada teman atau saudara yang mengalami hal yang serupa. Terima kasih dan salam sehat.

      reply
      • Rina yuliani  December 15, 2016

        Sya tadi subuh tertusuk paku payung d kaki,, lukanya td udah d kasih betadin,,, apakh mash mungkn kena tetanus?

        reply
        • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 19, 2016

          Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apabila mengalami hal seperti ini, sebaiknya anda segera keklinik atau puskesmas terdekat untuk dilakukan penanganan luka yang tepat dan bila memungkinkan dilakukan penyuntikan anti tetanus. Kemungkinan terkena tetanus masih ada, karena masa mulai terjadi luka hingga munculnya gejala bervariasi, antara 2-50 hari, dimana rata-rata munculnya gejala biasanya hari ke 8 setelah terjadinya luka.

          reply
      • fitri  February 16, 2017

        Saya parnah ngalamin kaki bengkak kena silet berkarat ,semingu saya sakit panas tapi saya ga bawa kedokter cuma saya kasih betadin tiap hari sama saya kasih obat violet nanah nya keluar ,tarus kempes dan setelah nanah nya keluar badan ku enakan terus sembuh deh

        reply
    • fitri  February 16, 2017

      Tapi saya pernah kena silet berkarat sapekaki saya bengkak sampe badan panas meriang ,tapi saya ga kedokter cuma tiap hari saya kasih betadi sama obat violet

      reply
  3. Antonius  May 12, 2016

    Diujung jari telunjuk luka sedikit dan mengeluarkan darah karena tertusuk besi seperti jarum tetapi kelihatan benda disekitarnya karat dan saya sdh kasih betadin.apa saya perlu suntik tetanus

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  May 12, 2016

      sebaiknya kalau ragu, diberi anti tetanus saja, karena tidak ada efek sampingnya selama anda tidak alergi serumnya. Makanya sebelum disuntik anti tetanus, biasanya dilakukan tes alergi dulu oleh petugas kesehatan. Tapi perlu di ingat, bahwa efektifitas suntikan anti tetanus hanya bermanfaat bila diberikan maksimal 8 jam setelah kejadian, dan bila melebihi batas waktu itu, pemberian anti tetanus tidak memberikan manfaat apa-apa. Saran kami, sebaiknya dibawa saja dulu kefasilitas kesehatan terdekat, untuk penanganan lebih lanjut. Terima kasih dan salam sehat.

      reply
  4. Anonymous  May 18, 2016

    4 hari yg lalu kaki sya trtusuk kawat barkarat awal nya tak ku hiraukan tpi stelah 4 hari nyampe skarang sakiit nya mlah parah badan rasanya panas dingin

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  May 24, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Bila memang disekitar luka mengalami rasa nyeri, bengkak, kemerahan bahkan sampai menimbulkan peningkatan suhu tubuh yang ditandai dengan demam, maka bisa disimpulkan bila luka tersebut mengalami peradangan akibat terjadi proses infeksi skunder, untuk itu perlu segera Anda bawa ke unit pelayanan kesehatan terdekat untuk dilakukan penanganan terhadap luka Anda. Semoga tanggapan ini bisa membantu.

      reply
      • pamela  February 14, 2017

        Tadi sore kaki sya kena tusuk sate gmna cra y biar ga kena infeksi

        reply
    • Mujiarto  March 8, 2017

      saya mau tanya: pada tgl:21 pebruari saya injak paku pada bagian tumit kiri setelah 1hari1mlm saya bawa ke klinik krna tk tahan sakitnya..oleh dokter di suntik anti biotik samadi beri obat anti biotik , obat tahan sakit,obat anti biotik, obat demam kmudian stelah 6 hari pergi klinik lagi di suntik anti biotik lagi sama di beri obat anti biotik dan obat tahan sakit sampai 13hari masih sakit akirnya saya bawa ke hoslpital ama dokter di suruh Ronsen di cek darah semua normal .. tapi kenapa kok masih sakit cenut”pada sekelilingnya luka trsebut dan sampai sekarang kakinya nempel tanah aja sakit .. gimana solusinya dok .. saya minta tolong…

      reply
  5. eby  May 25, 2016

    kaki sy kmaren sore tertusuk paku payung yg bekarat dh skg terasa nyeri .
    terus skrg sy hrus bagaimana.

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  May 26, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Bila memang disekitar luka mengalami rasa nyeri, bengkak, kemerahan bahkan sampai menimbulkan peningkatan suhu tubuh yang ditandai dengan demam, maka bisa disimpulkan bila luka tersebut mengalami peradangan akibat terjadi proses infeksi skunder, untuk itu perlu segera Anda bawa ke unit pelayanan kesehatan terdekat untuk dilakukan penanganan terhadap luka anda, yaitu tindakan pembersihan luka dan sekaligus membuat luka yang awalnya tertutup menjadi luka terbuka yang berukuran sangat kecil. Kuman tetanus tumbuh pada luka yang tertutup, oleh karena itu tindakan ini sangat bermanfaat sekali untuk mencegah kuman tetanus tumbuh didalam luka anda. Semoga tanggapan ini bisa membantu.

      reply
  6. yuli  June 2, 2016

    sekarang q tervsuk paku tp uda q pentok pakek kayu smpai drahx keluar. . .tp stlah it ada sedkit nyeri d bgian ataz kaki sy yg kena paku terzbut. .apkah sya perlu k dokter coz skrang sudah tdk sakt lg

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  June 2, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Sebaiknya luka anda diperiksa dan dipastikan sudah tidak ada infeksi lagi oleh tenaga kesehatan.

      reply
  7. fendi  June 9, 2016

    mo tanya dok..kaki saya 8bln yg lalu terkena paku..dulu smpt bengkak..ini sdh g ada bekasny tp knp msh sering sakit ,nyeri y dok..mhn pnjlsnya..

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  June 15, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Mungkin saran saya sebaiknya dibawa ke unit kesehatan terdekat seperti dipuskesmas atau dokter praktek swasta untuk diperiksa lagi apakah ada infeksi baru dibekas luka anda ataukah hanya sugesti rasa nyeri akibat proses perlukaan yang dulu.

      reply
  8. Fauzi Faryan  June 15, 2016

    Saya mau nanyak dok, semalam saya tertusuk jarum pentul dan kaki saya terasa sedikit nyeri,itu gimana ya dok apa saya perlu disuntik tetanus

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  June 15, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk penyuntikan anti tetanus akan dilihat lagi ukuran dan kedalaman dari luka dikaki anda, dan khusus untuk kasus anda penyuntikan anti tetanus sepertinya tidak diperlukan lagi, karena sudah melewati masa penyuntikkan idealnya. Sebaiknya besok pagi dibawa ke unit kesehatan terdekat untuk diperiksa dan dilakukan perawatan luka serta penanganan luka lebih lanjut.

      reply
      • riko  October 29, 2016

        Mau nanya.. Kaki saya kena paku. Trus mengalami pembengkakan. Saya jdi susah jalan. Di skitar luka,saya merasa nyeri dan agak nyut nyutan.. Apa yang hrus saya tangani

        reply
        • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  November 1, 2016

          Terima kasih atas pertanyaannya. Akan lebih baik bila saudara riko memeriksakan dirinya kepuskesmas atau klinik terdekat untuk menentukan tindak lanjut lukanya, apakah perlu tindakan medis tertentu, atau rawat luka biasa saja. Dikhawatirkan apabila melakukan penanganan sendiri akan bisa menimbulkan infeksi baru atau memperparah kondisi lukanya.

          reply
      • fitri  February 16, 2017

        Saya pernah kena silet berkarat kaki saya bengkak badan demam dalam satu minggu saya demam tapi saya ga kedokter ,kaki bengkak saya saya kasih obat betadin sama obat violet sampe keluar nanah nah sudah keluar nanah sembuh ,ko bisa yadok keluar nanah sembuh

        reply
  9. Anonymous  June 16, 2016

    ini sekarang suami saya sedang kesakitan soalnya tadi pagi kakinya tertusuk paku dan sekarang badannya panas

    reply
  10. sutrisno  June 16, 2016

    ini sekarang suami saya sedang kesakitan soalnya tadi pagi kakinya tertusuk paku dan sekarang badannya panas

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  June 16, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Sebaiknya segera dibawa ke layanan kesehatan terdekat untuk dilakukan penanganan luka, dan barangkali masih sempat untuk dilakukan penyuntikan anti tetanus.

      reply
  11. Anonymous  June 16, 2016

    Dok, tdi pgi kki sya trtsk pku pyung brkarat. Trus kni jdi bngkak dan kalo brjlan itu trsa skit. Jdi gmn ya dok ?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  June 17, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Sebaiknya segera dibawa keunit kesehatan terdekat untuk dilakukan penanganan luka lanjutan.

      reply
  12. nur achmad sayid  June 17, 2016

    Pak dokter tadi siang kaki saya tertusuk paku berkarat parah sekarang kaki saya bengkak tpi tidak ngeluar.rin nanah atau demam jadi penyakitnya serius apa baisa.

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  June 17, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Bapak, segala macam luka akibat tertusuk paku, biasanya pada tahap-tahap awal selalu terlihat sepele, namun justru dari luka yg tertutup tersebut, kuman tetanus bisa hidup dalam tubuh. Karena itu, daripada muncul keraguan, sebaiknya segera dibawa ke unit kesehatan terdekat untuk mendapatkan suntikan anti tetanus dan perawatan luka, sambil sebelumnya diperiksa terlebih dahulu oleh petugas medis disana.

      reply
      • Anonymous  January 31, 2017

        Untuk kedalaman brp harus di kasi vaksin anti tetanus dok,kalo cuma ujungnya ajj sedikit apakah perlu?

        reply
  13. agus darma  June 22, 2016

    sya kemarin kena tusuk paku,trus sya lihat ada kayak serpihan kecil gitu lalu saya keluarin sendiri di rumah dan saya kasik bawang merah. penangan selanjutnya apa ya dok

    tolong bls secepatnya

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  June 22, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Karena kejadiannya kemarin, maka pemberian anti tetanus sdh tdk terlalu bermanfaat lagi. Tetapi sebaiknya dibawa langsung ke unit kesehatan untuk dilakukan perawatan luka sesegera mungkin sebelum terjadi infeksi lebih lanjut.

      reply
  14. Billy  June 23, 2016

    Halo dok… saya ketusuk paku kira2 sudah 2minggu tanggal 10 juni 2016 jam 8 pagi dan berobat ke klinik jam 12 siang suntik anti tetanus dan permukaan luka dibersihkan alkohol dan diberi obat tapi sampai sekarang masih bengkak kaku dan nyeri. Saya mesti gimana dok?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  June 23, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Sebaiknya dibawa saja ke unit kesehatan terdekat, karena dokter sebelum menentukan tindakan selanjutnya perlu untuk melakukan pemeriksaan fisik terhadap lukanya, sehingga tepat dalam menentukan prosedur lanjutan. Mungkin saja diperlukan perawatan luka ulang, karena membersihkan lukanya tidak cukup hanya dengan alkohol. Karena itu saya sangat menganjurkan untuk dilakukan pemeriksaan ulang terhadap lukanya.

      reply
      • Billy  June 26, 2016

        Saya sudah kontrol dirumah sakit, dokter bedah bilang takutnya bengkak tumor dri bekas karat. Apakah kemungkinan itu bisa terjadi dok?

        reply
        • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  June 30, 2016

          Terima kasih pertanyaannya. Sebelumnya perlu dipahami terlebih dahulu bahwa istilah tumor dalam dunia kedokteran berarti adalah segala macam pembengkakan atau jaringan yang membesar lebih dari jaringan disekitarnya. Hal itu lumrah terjadi bila terdapat proses peradangan pada jaringan tubuh kita, seperti halnya pada bisul atau kutil. Berhubung pada kaki anda pernah terjadi suatu cidera yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan disekitar kaki sehingga akhirnya timbul proses peradangan, maka tidak menutup kemungkinan menimbulkan tumor. Hanya saja pada umumnya reaksi tumor ini menghilang seiring dengan proses penyembuhan luka. Namun ada kondisi-kondisi tertentu yang bisa menimbulkan tumor yang berulang atau menetap, misalnya cidera yang terus menerus atau ada suatu zat tertentu yang terus bereaksi dengan tubuh dan menimbulkan proses peradangan yang tidak kunjung sembuh atau sembuh dalam waktu yang lama. Sebaiknya ikuti saja dulu langkah-langkah yang dianjurkan oleh dokter yang menangani demi kesembuhan luka anda. Semoga bisa menjawab pertanyaan anda.

          reply
          • Billy  July 1, 2016

            Oke dok, terimakasih banyak ya. Sukses slalu.

          • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 1, 2016

            Selamat malam. Sama2 pak/mas billy, semoga anda selalu dalam keadaan sehat.

  15. Umar saifudin  June 27, 2016

    Nganu dok.. saya sering kena paku karena memang pekerjaan saya sebagai buruh bangunan. Tetapi biasanya 2 hari setelah itu sudah sembuh normal. Apakah dikemudian hari ada efeknya apa gitu dok.. terimakasih..

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 2, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Bapak, mohon maaf, karena ada kesalahan tekhnis, sehingga pertanyaan bapak baru terbaca sekarang. Jadi begini pak, setiap ada perlukaan terhadap tubuh oleh karena benda apapun, nantinya tentu akan menimbulkan perubahan struktur jaringan pada tubuh tersebut. Hal ini bergantung pada ukuran dan kedalaman luka yang ditimbulkan. Bila terlalu sering, maka berpotensi menimbulkan benjolan atau tumor pada jaringan yg sering kena luka tersebut. Awalnya mungkin tanpa keluhan, tapi lama-lama benjolannya terasa nyeri dan mengganggu. Karena itu sebisa mungkin dilindungi kakinya dengan menggunakan sepatu boot atau sepatu safety ketika bekerja.

      reply
  16. Aninda  June 29, 2016

    Baru tadi kaki saya terkena paku yg berkarat. Kmudin keluar banyak darahnya dan di bersihkan di klinik yg ada. Kemudian beberap jam saya di bawa ke rumah sakit. Di iris kecil pada kaki saya skrng nnyeri cenut cenut. Bagaimana nnt jika bertambah nyeri ?
    Terimkasih

    reply
  17. Aninda  June 29, 2016

    Apakah masih di perban apa harus kontrol lagi ?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  June 30, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Proses perawatan luka yang dilakukan sudah tepat. Untuk rasa nyeri saya bisa katakan relatif, karena setiap manusia punya tingkat ambang nyeri yang berbeda-beda. Tetapi biasanya setelah melakukan tindakan medis, biasanya dokter akan meresepkan obat yang salah satunya adalah pereda rasa nyeri. Sebaiknya luka bekas tindakan tadi ditutup untuk menghindari resiko infeksi yang baru, dan tidak harus diperban, atau cukup direkatkan dengan plester saja. Kontrol dilakukan sebaiknya antara 2-3 hari setelah tindakan, untuk melihat kondisi lukanya, apakah luka nya baik atau ada proses infeksi baru.

      reply
  18. Ningsih andriani  July 1, 2016

    dok saya mau tanya ayah saya tertusuk paku sudah 2 bln ini donk pas terkenah paku td di bawah ke klinik terdekat kelang beberapa hari baru dibawah dok tapi sampai skrng tdk ada perubhan sdh 3 kali saya kedokter umum donk namun blm sembuh bagi mana ya dok?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 1, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Mengingat waktu yg sdh cukup lama (2bln) dan sdh kontrol 3x blm ada perubahan, mungkin ada baiknya anda mengkonsultasikan kondisi luka ayah anda ke dokter spesialis, dalam kasus ini lebih tepatnya ke dokter spesialis bedah umum untuk menentukan tindakan lebih lanjut.

      reply
  19. Sinta  July 2, 2016

    Dok semalam jaribsy kena peniti darahnya banyak. Tp sy liat peniti nya tdk beekarat. Apakah bahaya dok? Skrg agak ngilu ujung jari sy.

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 2, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Sebenarnya bila ukuran lukanya kecil mmg tidak diperlukan penanganan lanjutan, dan cukup dibersihkan lukanya dengan rivanol saja. Namun, bila ternyata nantinya disekitar luka menjadi merah, bengkak atau mengandung nanah, maka sebaiknya diperiksakan lagi ke unit kesehatan terdekat. Karena cukup sulit menentukan penanganan lbh lanjut bila tanpa dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

      reply
  20. Ririn riany  July 2, 2016

    Pagi dok..saya mo tanya.kaki anak saya luka saya ketahui itu dri tanggal 06 juni saya gk tau kena nya kapan dan luka itu trkena paku atau apa. Tpi dok luka itu sperti brgaris dan bengkak. bengkaknya itu brpindah dan anak saya mngalami gatal.dan jika digaruk sperti melepuh.umur anak saya 1,5 tahun.apkah itu termasuk sdah infeksi dok.tlong dok jawaban nya.trima Pagi dok..saya mo tanya.kaki anak saya luka saya ketahui itu dri tanggal 06 juni saya gk tau kena nya kapan dan luka itu trkena paku atau apa. Tpi dok luka itu sperti brgaris dan bengkak. bengkaknya itu brpindah dan anak saya mngalami gatal.dan jika digaruk sperti melepuh.umur anak saya 1,5 tahun.apkah itu termasuk sdah infeksi dok.tlong dok jawaban nya.trima Pagi dok..saya mo tanya.kaki anak saya luka saya ketahui itu dri tanggal 06 juni saya gk tau kena nya kapan dan luka itu trkena paku atau apa. Tpi dok luka itu sperti brgaris dan bengkak. bengkaknya itu brpindah dan anak saya mngalami gatal.dan jika digaruk sperti melepuh.umur anak saya 1,5 tahun.apkah itu termasuk sdah infeksi dok.tlong dok jawaban nya.trima Pagi dok..saya mo tanya.kaki anak saya luka saya ketahui itu dri tanggal 06 juni saya gk tau kena nya kapan dan luka itu trkena paku atau apa. Tpi dok luka itu sperti brgaris dan bengkak. bengkaknya itu brpindah dan anak saya mngalami gatal.dan jika digaruk sperti melepuh.umur anak saya 1,5 tahun.apkah itu termasuk sdah infeksi dok.tlong dok jawaban nya.trima kasih

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 2, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Ibu, untuk menentukan tindakan lanjutan perlu dilakukan pemeriksaan terhadap kaki anak ibu. Bisa saja itu memang telah terjadi proses infeksi atau hanya peradangan kulit yg memang biasanya cukup sering diderita oleh anak-anak. Karena itu segera dibawa kedokter saja untuk lebih memastikan kondisi kaki anak ibu.

      reply
  21. Ummu umar  July 2, 2016

    Dok, anak saya 2 jam lalu pantant tertusuk jarum pen1tul agak berkarat. Baru ketahuan dan jarumny sudah keluar. Apa yg harus sy lakukan akrng dok? Anakny tidak rewel lg. Umur 2 th. Trmkash atas jawabanny segera.

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 2, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Menurut saya ibu, sebaiknya segera dibawa ke ugd di rmh sakit atau klinik swasta terdekat. Karena utk menentukan tindak lanjut penanganannya, perlu dilakukan pemeriksaan terhadap luka anak ibu. Jangan panik atau khawatir berlebih bila mendengar istilah ugd ibu, karena ugd mmg diperuntukkan selain utk kasus yg gawat darurat juga melayani kasus2 luka yg terjadi diluar jam kerja puskesmas, namun perlu dilakukan tindakan medis segera. Semoga bisa menjawab pertanyaan ibu.

      reply
  22. RizkGilang  July 3, 2016

    Maaf dok
    9 jam yg lalu saya tertusuk kawat, saya langsung bersihkan lukanya dengan alkohol. Apakah ini sudah benar ? atau harus diperiksa ke klinik kesehatan lagi?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 4, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Sebenarnya lebih baik lukanya dibilas dengan air mengalir terlebih dahulu utk menyingkirkan bekas kotoran atau serpihan besi yg menempel dikulit. Setelah dikeringkan, baru lah anda membersihkan dengan antiseptik, bisa rivanol, alkohol atau betadine cair. Bila dalam 1-2 hari kedepan, daerah yg tertusuk kawat membengkak, kemerahan, dan disertai nyeri hebat bila disentuh, sebaiknya dibawa ke klinik, dokter praktek atau puskesmas yg buka dihari itu.

      reply
  23. Winardi  July 8, 2016

    Asalamualaikum
    Dokter kaki saya tertusuk paku karatan . Nancapnya tidak lumaya dalam dok. Setelah kejadian darah mengalir dan saya panik dok. Jadi langsung saya elap dengan kapas. Dan saya olesin minyak tawon dan alkohol. Saya takut terkena infeksi tetanus dok. Lubang tidak terlalu besar sih dok. Mau periksan ke klinik kondisi sudah malam dan takut begal. Apa cara saya sudah benar? Dan bolehkah saya diamkan sampai besok pagi? Makasih dokter

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 8, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Saran saya lebih baik dibawa ugd atau klinik terdekat untuk dilakukan pemeriksaan luka, dan siapa tahu perlu perawatan luka lanjutan, sehingga proses infeksi skunder terhadap lukanya bisa dihindari.

      reply
      • Winardi  July 8, 2016

        Kemungkinan tetanus ada tidak dok? Sudah tidak terasa nyeri dan alhamdulilah tidak panas dingin dok.

        reply
  24. Winardi  July 8, 2016

    Gimana dok?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 11, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Potensi luka terinfeksi kuman tetanus tetap ada bapak, bahkan walaupun luka tersebut sudah dibersihkan. Karena mungkin penanganan lukanya kurang tepat, ditambah lagi bila tidak disertai pemberian anti tetanus, sehingga tetap dianggap beresiko. Karena itu saya menganjurkan bapak utk periksa ke puskesmas atau Klinik terdekat, dan biarkan petugas medis yg terlatih dan terbiasa menangani luka memeriksa kondisi luka bapak dan menentukan langkah lanjutan.

      reply
  25. Nhiia  July 12, 2016

    Sore dok ..
    Seminggu yang lalu mama saya terkena paku berkarat terus sekarang lukanya membau dan masih sakit .
    Saya mau tanya lukanya parah dan bisa terkena tetanus atau tidak ya ??

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 13, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Melihat gambaran kondisi luka yg saudari ceritakan, ada kemungkinan mengalami proses infeksi akibat salah satunnya mungkin karena penanganan lukanya kurang tepat. Segera dibawa saja ke unit kesehatan terdekat utk dilakukan penanganan lanjutan terhadap lukanya dan mungkin diperlukan pemberian obat2 yang dikonsumsi untuk mencegah proses infeksinya menjadi lebih parah

      reply
  26. argi  July 13, 2016

    asalamualaikum dok saya barusaan terkena paku tadisih sudah saya besikan dan saya beri betadine apakah itu bisa bereaksi dok

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 13, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Mohon maaf pak/mas argi, sulit untuk menentukan apakah luka tersebut berbahaya atau tidak berbahaya tanpa dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Ada baiknya mumpung masih belum terlalu lama kejadiaannya, segera saja dibawa periksa ke dokter, sehingga penanganannya tidak terlambat.

      reply
  27. Anonymous  July 15, 2016

    Assalamualaikum dok. Bagaimana lagi menangani kaki yg infeksi skunder. Apa perlu d berikan anti tetanus. Lalu apakah bisa sembuh dok?

    reply
  28. nila maidawAti  July 15, 2016

    Assalamualaikum dok. Bagaimana lagi menangani kaki yg infeksi skunder. Apa perlu d berikan anti tetanus. Lalu apakah bisa sembuh dok?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 20, 2016

      Terima kasih. Penanganan infeksi skunder adalah dengan melakukan perawatan luka, yang meliputi pembersihan luka serta tindakan-tindakan medis lainnya yg diperlukan. Selain itu juga disertai dengan pemberian obat-obat antibiotik minum. Bila perawatan luka serta minum obatnya dilakukan secara teratur, infeksi skunder pada luka bisa sembuh.

      reply
  29. Anonymous  July 19, 2016

    Tangan saya ke tusuk kawat bwg 2’8 Mm , sekarang ngilu. Apa perlu kedokter? Tapi saya pernah suntik tetanus thn 2014-2015. Dok

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 20, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Untuk perlindungan terhadap tetanus, menurut saya sudah cukup, mengingat anda belum terlalu lama ini melakukan vaksinasi tetanus. Namun yang saya khawatirkan adalah apabila penanganan lukanya kurang tepat bisa memicu munculnya infeksi skunder terhadap lukanya, dan sulit untuk menilai luka apakah berbahaya atau tidak apabila tidak dilakukan pemeriksaan langsung terhadap lukanya. Karena itu konsultasikan saja kepada dokter yang ada dekat diwilayah anda.

      reply
  30. Vindhara  July 29, 2016

    Dok.mau nanya..2hr yg llu anak sya ngijek paku…truuss berdrah udh sya pencet keluar drhnya..smula gpp.tp td pgi pas mau sya mndiin ternyata kkinya yg sekitar luka bekas paku itu….td udh d bershin sma dokterny..tp g d ksh suntik anti infeksi ….itu gimana dok…??mhon responnya dok…ktakutan sendri jdinya….mksh

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  July 30, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya
      Jadi begini ibu, dari hasil deskripsi cerita diatas, alasan dokter tidak memberi anti tetanus barangkali dikarenakan waktu efektif pemberian anti tetanus sdh lewat. Seperti yg sdh saya jelaskan sebelumnya bahwa batasan waktu optimal pemberian anti tetanus adalah 8 jam setelah kejadian. Pemberian anti tetanus melebihi waktu tersebut, diperkirakan tidak membawa manfaat apa-apa. Dan karena lukanya sdh dibersihkan oleh tenaga medis, maka sekarang tugas ibu adalah memastikan obat diminum sesuai anjuran dan kontrol kembali apabila di instruksikan oleh dokter atau apabila ada tanda2 infeksi skunder seperti luka membengkak, merah, dan disertai rasa nyeri. Barangkali itu yg bs saya jelaskan, semoga bisa mengurangi rasa khawatir yg ibu rasakan.

      reply
  31. Icah  July 30, 2016

    Dok saya mau tanya tadi pagi anak saya tertusuk paku ditelapak kaki.sudah saya bersihkan lalu saya kasih betedine.dan saya ke apotik beli obt anti tetanus.apakah sudah benar blm dok yng saya lakukan.

    reply
  32. roni  August 1, 2016

    dok 2 tahun lalu sya kena paku setelah sya bersih luka tersebut sembuh.tapi sekarang muncul benjolan dan terasa sakit. apakah bahaya itu dok..terimakasih

    reply
  33. ziden  August 23, 2016

    Bagaimana jika setelah tertusuk paku sehari kemudian di bawa ke gudang

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 1, 2016

      Terima kasih pertanyaannya. Selama luka anda hanya menggores dan tidak ada tanda-tanda infeksi skunder, maka silahkan lanjutkan bekerja seperti biasa.

      reply
  34. novi suci rahayu  August 25, 2016

    siang dok.kaki kanan saya terkena goresan paku dari kelas 5 SD dulu tidak ada tindakan khusus karna orang tua tidak tau dan q anggap luka ringan karna tidak berdarah skrg sy dah berumur 25thn.selama kurun wktu itu tidak ada hal hal aneh yg terasa.cm setelah sama menikah bln jnuari 2016 kaki kanan saya sering merasa panas,dan sedikit kesemutan.apa yg harus q lakuin dok apakah. berpengaruh jg pada kehamilan soalnya q blm hamil juga sejak menikah

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 1, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Kemungkinan besar itu tidak ada hubungannya dengan luka yang anda alami waktu SD dulu. Bisa jadi itu disebabkan oleh hal-hal yang lain. Silahkan berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk masalah yang anda alami.

      reply
  35. dian ekawati  August 28, 2016

    malem dok.saya m nanya krmarn malam saya kena peniti dari kerudug yg berkarat gak dalam dok krn kena ujung ny aj sih.cm saya cuci pake air dan tekan luka ny supaya keluar darah krn luka ny kecil bget gal keliatan cm saya cuci aj gmn dok ap ad tetanus ny cm bekas tusukan saya teken aj kok nyeri y dok.makasih

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 1, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Mohon maaf, saya tidak bisa memastikan apakah luka tersebut berpotensi menjadi tetanus atau tidak, karena tidak bisa melakukan pemeriksaan terhadap lukanya. Semoga saja lukanya tidak berkembang menjadi hal-hal yang lebih buruk.

      reply
  36. indri  August 29, 2016

    Dok saya mw tnya, 2 hari lalu sya mkan catering di tmpt kerja dan pas sya makan ada yg keras ternyata kawat lalu saya kluarkan dari mulut, bagaimna ya dok apa yg hrs dilkukan krn mknnya sdh hmpir dmkn smua apa dpt trkontminasi tetanus?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 1, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Prinsip penularan tetanus adalah apabila ada “jalan masuk” kedalam tubuh. Jalan masuk itu berupa adanya luka bekas tusukan benda berkarat yang mengandung kuman tetanus. Bila memang kawat yang termakan tidak sampai menimbulkan luka, berarti kemungkinan besar tidak sampai berpotensi menimbulkan infeksi tetanus.

      reply
  37. Rommy haekal  September 9, 2016

    Saya mau tanya dok, kaki saya udah hampir 2 minggu lalu sih tertusuk paku nya, dan sampe sekarang masih bengkak, meskipun bengkak nya gak kaya 1hari setelah tertusuk paku, jadi gimana dok solusi nya ?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 1, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Mohon maaf, agak sulit menentukan masalah apa yang anda alami tanpa dilakukan pemeriksaan terhadap lukanya. Seumpamanya ada tanda-tanda infeksi skunder biasanya ditandai oleh luka yang bengkak, merah, dan disertai nyeri pada saat penekanan. Bila memang keluhan masih berlanjut, silahkan kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

      reply
  38. Ika yuniwati  September 9, 2016

    Slmt mlm dok. Ayah saya terkena paku 24 Juli. Setelah terkna paku dikeluarkan darahnya ada karatnya sedikit. Kmudian ditekan lg darahnya tdk keluar. Setelah itu minum antibiotik smp skr. Lukanya sudh tertutup tp masih bengkak bila dibuat jalan, bila dibuat istirahat bengkaknya hilang. Solusinya bagaimana dok? Terima kasih

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 1, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Berdasarkan penjelasan yang sudah anda sampaikan, kemungkinan besar bengkak dikaki tersebut bukan akibat luka tertusuk paku, tetapi oleh karena sebab-sebab penyakit yang lain. Silakan kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mencari penyebab keluhan yang ayah anda alami.

      reply
      • Ika yuniwati  October 1, 2016

        Terima kasih atas saran yg diberikan p.dokter

        reply
  39. Erly  September 10, 2016

    Sya mau nanya dok. 2 minggu lalu sy tertusuk paku terus sdh di tangani tenaga medis, lukanya sdh di bersihkan dan juga sy sdh di beri suntikan anti Tetanus dgn diberikan obat minum. Lukanya juga skrg udh sembuh. Tpi masalahnya dsni dok kaki sya msh sedikit bengkak dan msh terasa nyeri saat berjalan. Bila terlalu jauh berjalan sy akn merasa sangat sakit setelah itu. Bagaimana solusinya dok? Terima kasih.

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 1, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Rasa bengkak dan nyeri kemungkinan bisa diakibatkan oleh kerusakan jaringan yang ditimbulkan akibat tertusuk paku. Apabila memang ada keluhan berlanjut, silahkan kedokter untuk perika ulang kondisi luka anda.

      reply
  40. Wanty  September 11, 2016

    Pagi dok, kemarin sore kaki saya tepatnya tumit sebelah kiri tertusuk paku berkarat, waktu tertusuk reflek saya jinjit eh malah naik betis, habis itu serasa gelap dan hampir mau jatuh dan mual juga. sore itu juga lgsg ke rumah sakit, kaki di bersihkan dan di operasi kecil untuk membersihkan sisa karat dan di semprot obat. sekarang saya susah sekali berjalan karna tumit yg dioperasi td nyeri. Apakah efeknya memang sampai seperti itu dok, kl tumitnya saya paksa pijakkan apakah boleh? Trimakasih dok untuk jawabannya..

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 1, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Perawatan luka dengan operasi kecil, biasanya memang menimbulkan cidera pada jaringan seperti kulit, jarinngan ikat, pembuluh darah, maupun saraf. Namun hal ini masih wajar-wajar saja bila masih dalam fase peradangan (1-3 hari). Kecuali bila nyeri dan bengkak itu berlanjut lama hingga sampai lebih dari 10 hari. Biasanya kemungkinan disebabkan oleh adanya infeksi skunder.

      reply
  41. ainurul  October 13, 2016

    Assalamu’alaikum…, dok..sy mau tanya…4 bln lalu, kaki sy tertusuk paku….dan 2 minggu ini terasa sakit…tp bekas luka sdh tdk ada…, sdh sy bw ke dr.bedah…tp mash skit dan nyeri…mhon penjelasaannya….mksh

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 31, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Yang dikhawatirkan sebagai akibat dari luka tertusuk adalah potensi luka tersebut terinfeksi kuman tetanus, atau terinfeksi bakteri yang lain sehingga muncul infeksi skunder. Sementara proses luka itu sendiri menyebabkan kerusakan jaringan disekitar kaki. Kerusakannya meliputi rusaknya sel-sel kulit, otot, pembuluh darah, maupun syaraf. Apabila sudah 4 bulan dan tidak ada tanda-tanda infeksi skunder disekitar bekas luka (kemerahan, bengkak, nyeri penekanan, hingga sampai munculnya nanah disekitar luka) maka bisa dikatakan fase infeksi sudah lewat. Namun apabila masih nyeri, penjelasan yang paling mungkin adalah akibat luka tersebut menimbulkan kerusakan jaringan pada sel syaraf yang mengakibatkan munculnya rasa nyeri pada kondisi atau kegiatan tertentu. Selain itu proses penyembuhan luka akibat rusaknya sel-sel otot maupun kulit menimbulkan adanya perubahan struktur dari sel-sel otot maupun kulit tersebut. Karena walaupun tubuh mampu membentuk struktur sel-sel kulit maupun otot yang baru, namun tidak bisa menyerupai kondisi awal seperti saat sebelum terjadinya luka. Perubahan struktur inilah yang kemungkinan menimbulkan rasa nyeri akibat munculnya penekanan terhadap sel syaraf oleh jaringan-jaringan yang baru terbentuk.

      reply
  42. wahyudi  October 16, 2016

    Dok. Kaki aku kena paku sudah 1 tahun lalu sudah trtutup lagi tapi masih mngalami nyeri saat menginjak batu agak keras.. Dok mohon solusi untuk mngobati secara medis atau alami

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 31, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Rasa nyeri yang muncul diakibatkan oleh rusaknya jaringan syaraf. Kondisi ini tidak akan bisa kembali seperti saat sebelum munculnya luka. Saran terbaik yang bisa saya berikan adalah selalu menggunakan alas kaki untuk mencegah kerusakannya menjadi lebih parah.

      reply
  43. Rizka  October 16, 2016

    Baru 20 menit yang lalu kaki saya terkena paku, pegel bgt rasanya sudah di bersihkan pke air biasa dan dikasih betadine, sedangkan puskesmas terdekat masih tutup, langkah berikutnya harus bagaimana dok?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 31, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Langkah selanjutnya apabila kejadian ini berulang pada anda atau keluarga maupun teman, segera berangkat ke UGD dirumah sakit terdekat, karena UGD Rmh sakit buka 24 jam. Seperti yang kita ketahui, bahwa batas waktu pemberian anti tetanus adalah maksimal 8 jam setelah kejadian, sehingga takutnya akan terlambat apabila menunggu puskesmas buka.

      reply
  44. ilyas  October 18, 2016

    malam dok. 2 mingu krmarin kaki saya kena paku baru. tidak berkarat namun cukup dalam lukanya. hari kedua luka saya membengkak dam hari keempat saya periksa ke puskesmas. dipuskesmas saya diberi obat salep dan antibiotik namun hanya 2 kali saya minum obatnya karena sudah tidak bengkak lagi dan tidak terasa sakit. tapi sekarang malah sedikit bernanah dan terasa gatal. apakah itu termasuk gejala tetanus dok? terimaksih

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 31, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Bapak, mengkonsumsi antibiotik itu tidak boleh sembarangan. Apabila minumnya tidak sesuai anjuran, maka selain infeksinya tidak benar-benar sembuh (bakteri tidak mati), bahaya lainnya adalah munculnya resistensi atau kekebalan terhadap antibiotik pada tubuh seseorang. Itulah yang mendasari mengapa dikota-kota besar, antibiotik golongan ringan yang dulunya efektif menyembuhkan dan membasmi bakteri, kini sudah tidak mampu lagi membasmi bakteri sampai tuntas. Hal ini karena seringnya masyarakat mengkonsumsi antibiotik secara tidak benar, sehingga menciptakan kuman-kuman yang kebal terhadap antibiotik golongan ringan ini. Mengkonsumsi antibiotik itu minimal 5 hari dan diminum sesuai aturan pakai, bisa setiap 6, 8 atau 12 jam sekali.
      Kembali ke soal luka, apabila muncul nanah maka kemungkinan besar terjadi proses infeksi skunder terhadap luka. Apakah ini infeksi tetanus atau bukan, belum bisa dipastikan. Karena gejala tetanus salah satunya adalah munculnya kejang hingga tidak sadar, namun gejala awalnya hanya berupa nyeri disekitar luka. Rasa nyeri dan bernanah ini bisa muncul pada setiap infeksi bakteri, dan tetanus adalah salah satunya, jadi resiko infeksi tetanus belum bisa disingkirkan.

      reply
  45. Leni andiyani  October 20, 2016

    Dokter td pg jempol kaki tertusuk jarum pentul.,trus 2 jm kemudian saya bawa ke Puskesmas di sana dikasih obat dh dminum kok jempol kaki bengkak ya?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 31, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Bengkak adalah suatu tanda terjadinya proses peradangan terhadap jaringan akibat terjadinya luka. Hal ini masih wajar saja apabila munculnya setelah terjadinya luka biasanya segera menghilang dalam 1-4 hari. Yang dikhawatirkan adalah apabila bengkak ini munculnya lama dan disertai ada muncul nanah pada luka. Karena sudah diberi obat minum, saya pikir itu sudah cukup, dan kontrol saja kembali 5 hari lagi bila masih ada keluhan.

      reply
  46. rista  October 23, 2016

    Maaf dok mengganggu waktunya.
    Jadi gini pas hari selasa ibu saya kena paku berkarat tpi pda saat itu posisi kaki ibu saya pke sandal kulit.. Pas 4jm setelah kejadian bru sy bwa ke rs dan dsuntik anti tetanus.. Itu gmna y dok apa ibu saya akan sembuh. Sya tkut terjdi apa apa.. tpi dok sekrang bengkk ny jadi gatel gtu tpi gk dgaruk kok dok. Tpi kalau dtekan luka ny ada nanah k weluar oleh ibu sya dikeluarin sedikit setikit.. Apa mnurut dokter ibu sy hrus dsuntik anti tetanus lgi? krn sya sangat khawatir dngn ibu saya

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 31, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Pada kasus ibu anda, mungkin sudah terjadi infeksi skunder pada luka. Sebaiknya dibawa ke puskesmas atau ke poli bedah umum dirumah sakit untuk dilakukan perawatan luka dan tindak lanjut lainnya. Untuk penyuntikan anti tetanus, cukup 1 kali saja dan tidak perlu diulang lagi pada kasus yang sama.

      reply
  47. H  October 24, 2016

    Dok…2 jam yang lalu kaki saya ketusuk kawat kecil.tepatnya di jari kaki saya.tidak nampak luka di kaki saya.tapi terasa sakit sampai ketulang jari atas.apakah itu berbahaya dok..?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 31, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Rasa nyeri yang timbul akibat tertusuk kawat masih dalam batas yang wajar. Diobservasi dulu saja lukanya, apabila 2-3 hari kemudian timbul bengkak, kemerahan, atau bernanah, sebaiknya segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit untuk tindakan lanjutan.

      reply
  48. Martiana  October 26, 2016

    Selamat malam dok, baru saja tadi saya tertusuk jarum pentul yg ujungnya karatan, tapi tidak ada luka dok, bagaimana ya dok ?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  October 31, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Apabila memang tertusuknya tidak dalam, mungkin bisa diobservasi saja dulu. Kecuali apabila 2-3 hari kemudian timbul bengkak, kemerahan, atau bernanah, sebaiknya segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit untuk tindakan lanjutan. Apabila dikemudian hari kejadian ini berulang dan muncul keragu-raguan, sebaiknya dibawa saja kepuskesmas untuk mendapat suntikan tetanus. Karena pemberian suntikan tetanus ini relatif aman apabila tidak ditemukan alergi terhadap vaksin tersebut.

      reply
  49. Hendro.Setiawan  October 31, 2016

    Dok saya lh dua hari terpijak besi tp dk tau berkarat apa idak. Tp saya kasih caluk(terasi) tp masih bengkak tp d bawak jalan gk sakit dok, cuman badan saya rasa pegal dok ,jd gimana ya dok apa saya harus suntik tetanus dok ?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  November 1, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Bpk Hendro, apabila nanti anda mengalami luka lagi, baik luka tusuk, luka gores, maupun luka robek, penanganan awalnya cukup cuci luka dengan air mengalir, dan jangan menambahkan sesuatu yang memang bukan digunakan untuk perawatan luka. Perihal penyuntikan anti tetanus, akan lebih optimal manfaatnya bila diberikan maksimal 8 jam setelah kejadian. Apabila lebih dari waktu tersebut, penyuntikan anti tetanus diperkirakan tidak membawa manfaat apa-apa, walaupun tidak juga dilarang. Jadi sebaiknya untuk saat ini tidak berpikiran untuk memberi suntikan anti tetanus, tetapi melakukan pemeriksaan dan perawatan luka dengan benar, sehingga mencegah terjadinya infeksi skunder akibat penanganan luka yang salah. Segera saja dibawa kepuskesmas atau klinik terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan atau perawatan luka.

      reply
  50. Sintia  November 2, 2016

    Dok, kemarin saya ketusuk suati benda di bagian paha kanan, awalnya saya tidak tahu iti benda apa. Setelah saya liat ternyata besi karat. Tapi bagian saya yg tertusuk tidak berdarah atau luka. Tapi rasa sakitnya masih saya rasakan sampai sekarang sepeti di tusuk2 jarum. Saya agak khawatir dengan itu. Apakah hal ini perlu tindakan medis atau tidak? Tolong dijawab ya dok.

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  November 8, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Rasa nyeri adalah respon tubuh yang wajar terhadap suatu cidera jaringan selama tidak ditemukan bengkak, kemerahan, atau bahkan hingga bernanah. Apabila hal seperti itu yang muncul, silahkan konsultasi dengan dokter terdekat.

      reply
  51. Fadly  November 2, 2016

    Begini dok sy tertusuk jarum dikaki sebulan yg lalu,luka bagian bawah sudah sembuh tapi kok muncul benjolan di punggung kaki dan terasa menusuk bila berjalan, apa mungkin ada potongan jarum tertinggal dan naik kepunggung kaki?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  November 8, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Jarum adalah suatu benda asing bagi tubuh, sehingga apabila ada benda asing tertinggal didalam, tubuh kita akan bereaksi dan berupaya untuk mengeluarkan benda asing tersebut. Semisal ada debu masuk kesaluran nafas, tentu kiita akan terbatuk-batuk hingga debunya keluar. Begitu juga pada kaki anda, apabila ada jarum yang tertinggal, akan terbentuk sel-sel radang yang bekerja sehingga kaki anda akan bengkak, nyeri, dan kemerahan yang merupakan respon alamiah sel-sel radang yang menganggap sisa jarum adalah musuh dan harus diperangi. Jadi apabila telapak kakinya sdh sembuh, bisa dipastikan tidak ada lagi sisa jarum disana. Apabila muncul benjolan dipunggung kaki, itu adalah kelainan yang berbeda. Silahkan konsultasi dengan dokter terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

      reply
  52. AkmalF  November 8, 2016

    Mau tanya dokter, 2 hari lalu kaki saya tertusuk besi tua, terus selama 2 hari ini saya hanya di beri obat tradisional, Kaki saya di jemur di air hangat dan di kasih bawang, dan saya di beri obat amoxilin, Alhamdulillah kaki saya sekarang udah gk begitu sakit, dan saya tidak demam atau sebagai’nya, cuma di luka saya sudah kering, tapi di samping luka ada benjolan putih itu kenapa ya dokter?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 18, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Apabila seandainya kejadian serupa menimpa saudara akmal atau keluarga terdekat, sebaiknya segera dibawa kesarana kesehatan terdekat, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Pada setiap kerusakan jaringan tubuh, terkadang munculnya pertumbuhan jaringan baru yang sebelumnya tidak ada. Bisa saja itu berkaitan dengan luka kemarin atau bisa juga bukan. Periksakan saja kedokter apabila ada keluhan-keluhan yang dirasakan pada benjolan tersebut.

      reply
  53. Haikal  November 10, 2016

    Dok kaki saya beberapa hari yg lalu kena paku tapi ga dalam saya takut kena tentanus apa tidak terlambat untuk mengobatinya
    tolong dibalas secepatnya

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 18, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Karena satu dan lain hal, saya minta maaf tidak bisa merespon segera pertanyaan saudara. Jangan hanya karena terlambat lalu anda tidak memeriksakan diri anda kepada petugas kesehatan. Kami selalu mengupayakan yang terbaik bagi pasien apapun kondisi yang dihadapi. Jadi tidak ada istilah terlambat untuk berobat ya mas. Silahkan konsultasi saja apabila keluhan masih dirasakan.

      reply
  54. Redi  November 13, 2016

    Dok kaki saya jatuh kelobang dan mengalami luka ga tau kena apa kaki saya ada yg belubang seperti terkena semen beton ga tau kena paku di bagian bawah dengkul tepat ny didepan betis, apa yg harus sy lakukan dok,
    Trims…

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 18, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Sebaiknya apabila mas redi mengalami kejadian seperti ini, segera cari air bersih lalu bersihkan luka pada air yang mengalir. Jangan memegang atau memencet2 luka, karena kemungkinan bisa memperparah kerusakan jaringan yang terjadi. Setelah dibersihkan, silahkan bawa kepuskesmas atau klinik untuk penanganan selanjutnya.

      reply
  55. Yenny  November 13, 2016

    Sore dok
    Saya mau tanya kemarin jam 2 siang kaki saya tertusuk paku berkarat. Jam 7 malam saya ke ugd.
    Lalu luka saya di eksisi dan dbersihkan pakai bethadine dan h202 stelah itu di injeksi anti tetanus serum.
    Td pagi saya perhatikan kaki saya bengkak dan jari2 kaki saya kaku.
    Saya mau menanyakan apa itu efek h202 kah dok??

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 18, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Penanganan luka yang dilakukan oleh tim UGD sudah tepat bu/mbk yenny, dan informasi bermanfaat ini bisa dishare kepada keluarga atau kerabat terdekat. Untuk efek H2O2 yang menyebabkan kaki kaki bengkak dan kaku, saya belum pernah mengalami atau mendengar hal tersebut. Kemungkinan bengkak yang terjadi adalah akibat reaksi radang yang ditimbulkan oleh luka tersebut, dan hal ini wajar berlangsung 1-3 hari setelah kejadian dan berangsur-angsur akan mengempes. Untuk kondisi kaku yang terjadi, kemunkinan akibat bengkak tersebut sehingga pergerakannya jadi terbatas. Atau bisa juga akibat rasa nyeri sehingga menimbulkan pasien kadang takut untuk bergerak sehingga karena minimnya pergerakan mengakibatkan munculnya rasa kaku tersebut. Semoga keadaan anda sudah membaik saat ini.

      reply
  56. astutik  November 13, 2016

    Dok..tadi pagi kaki kenak paku berkarat terus nyeri n bengkAK….trus mlemnya gatal” n tangan saya kaku d sekitar yg knak paku yg gatal” seperti merambat

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 18, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apabila mengalami hal seperti ini, sebaiknya anda segera keklinik atau puskesmas terdekat untuk dilakukan penanganan luka yang tepat dan bila memungkinkan dilakukan penyuntikan anti tetanus.

      reply
  57. sona  November 20, 2016

    Dok, sya tadi sore ketusuk beling lukanya dalam dn darah terus mancer, sdh sya bwa k ugd rumah sakit
    Disana luka sya dijait dn dikasih anti tetanus
    Setelah itu, luka bekas jaitan sya ngilu2 ini efek samping dari apa dok?
    Trus brapa lama luka seperti ini bisa sembuh dn normal lagi
    Tks..

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 18, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Rasa nyeri pada bekas jahitan adalah sesuatu yang wajar. Yang tidak diharapkan pada luka jahitan adalah apabila luka jahitannya terus mengeluarkan darah, mengeluarkan nanah atau setelah lebih dari 3-5 hari tidak terlihat tanda-tanda jaringan bekas luka yang menyatu. Proses penyembuhan luka bervariasi, tergantung bagaimana asupan nutrisi yang dikonsumsi (harus banyak makan yang tinggi protein seperti telur, ikan atau daging), serta kepatuhan pasien dalam menjaga kebersihan luka, termasuk menghindarkan luka jahitan dari air maupun kemampuan menjaga luka agar tidak terkontaminasi benda-benda kotor yang menimbulkan infeksi pada jahitan luka. Selain itu material yang digunakan dalam penjahitan luka juga berpengaruh terhadap kesembuhan, selain penanganan awal luka yang benar.

      reply
  58. daniel  November 21, 2016

    boleh nanya dok .,,1 bulan yg lalu saya kena paku karat,.kemudian saya mebersikan dgn air dan betadin
    sekarang lukanya ud kering.,,tapi kalau di tekan bekas tertusuk paku masih rasa sakit sedikit
    apkah saya harus suntik tetanus.,tetapi satauku klau ud lewat dari 8 jam suntik tetanus gk ad gunanya lagi
    menurut dokter gmana.,,

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 18, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Luka akan menimbulkan kerusakan pada jaringan disekitar luka, termasuk jaringan syaraf. Kerusakan pada jaringan saraf ini yang kemungkinan menyebabkan nyeri pada penekanan. Pemberian anti tetanus sudah tidak terlalu bermanfaat bila diberikan lebih dari 8 jam. Menurut saya anda cukup mengobservasi bekas luka anda, apabila bekas luka menjadi bengkak, kemerahan, hingga sampai terlihat bernanah, silahkan berkonsultasi kedokter terdekat.

      reply
  59. muhamad alif  November 22, 2016

    Dok,1 TAHUN yg lalu saya tertusuk paku yg sangat berkaraaat sekali,dan saya TIDAK memeriksakan ke dokter,hanya pas setelah tertusuk langsung di beri alkohol.apakah saya masih terancam terkena infeksi tetanus dok ?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 18, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Melihat periode waktu kejadian yang sudah cukup lama, kemungkinan anda terinfeksi tetanus akibat tertusuk paku 1 tahun yang lalu kecil. Tetapi alangkah baiknya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apabila mengalami hal seperti ini, sebaiknya anda segera keklinik atau puskesmas terdekat untuk dilakukan penanganan luka yang tepat dan bila memungkinkan dilakukan penyuntikan anti tetanus.

      reply
  60. tripurwanti  November 27, 2016

    Bgini dok,telapak kaki bagian dpan saya tertusuk paku berkarat tp sudah 5hari yg lalu dan sy bersihkan sendiri lalu sy rendam ari hangat + garam dan sekarang sudah tdk terlalu bengkat,tahun 2014 sdh pernah kena paku dan sdh d suntik anti tatanus bgmna dok apa perlu penanganan medis?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 19, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Sebagai informasi, serum anti tetanus hanya bertahan hingga 14 hari didalam darah, jadi walaupun sudah pernah diberi serum antitetanus, tetap perlu diberi antitetanus apabila tertusuk paku lagi. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apabila mengalami hal seperti ini, sebaiknya anda segera keklinik atau puskesmas terdekat untuk dilakukan penanganan luka yang tepat dan bila memungkinkan dilakukan penyuntikan anti tetanus.

      reply
  61. dodit  November 28, 2016

    satu tahun yang lalu anak saya kena paku. langsung saya bawa ke puskesmas.lukanya hanya dibersihkan..tapi tidak di beri anti titanus karena kehabisan..sekarang luka bekas kena paku ada benjolan..kalau ditekan ngak sakit,,berbahayakah benjolan itu

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 18, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Melihat periode waktu tertusuk pakunya sudah cukup lama, kecil kemungkinan untuk terinfeksi tetanus akibat kejadian 1 tahuun yang lalu. Benjolan yang muncul bisa berkaitan dengan luka tertusuk 1 tahun yang lalu bisa juga tidak. Pada saat terluka, terjadi kerusakan pada jaringan tubuh. Proses penyembuhan dan pembentukan jaringan baru, tidak bisa mengembalikan kondisi seperti awal sebelum terjadi luka. Seperti halnya luka gores, bila terlalu dalam pasti akan meninggalkan bekas luka walaupun sudah dinyatakan sembuh. Begitu juga pada luka anak anda. Proses penyembuhan luka dan pembentukan jaringan baru tidak sempurna sehingga meninggalkan benjolan pada daerah terjadinya luka. Dan apabila posisi benjolan tersebut dekat dengan jaringan saraf, maka ketika ditekan, akan menyebabkan penekanan pada jaringan saraf sehingga timbul nyeri. Menurut saya selama benjolan tersebut tidak mengganggu dalam beraktifitas (misalnya nyeri setiap berjalan), atau tidak muncul ada infeksi baru (bengkak, kemerahan, dan nyeri sekali walaupun tidak ditekan), maka benjolan tersebut cukup diobservasi saja. Tetapi apabila muncul hal-hal yang saya sebutkan diatas, sebaiknya dikonsultasi kedokter yang lebih ahli, dalam hal ini dokter spesialis bedah.

      reply
  62. khaviyan  December 7, 2016

    Begini dok barusan saya ketusuk paku, trus sya diam kan,.trus kaki sya bengkak, dan mengeluarkan cairan, apakah itu perluh puskesmas?

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 19, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apabila mengalami hal seperti ini, sebaiknya anda segera keklinik atau puskesmas terdekat untuk dilakukan penanganan luka yang tepat dan bila memungkinkan dilakukan penyuntikan anti tetanus.

      reply
  63. Raihan  December 7, 2016

    Dok di sekitar telapak kaki sya tertusuk paku dan sekarang sya merasakan nyeri linu di sekitar luka , bengkak , dan sakit jika menggerakan jari kaki … sekarang apa yg harus sya lakukan ya dok sya mohon jawabannya

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 19, 2016

      Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apabila mengalami hal seperti ini, sebaiknya anda segera keklinik atau puskesmas terdekat untuk dilakukan penanganan luka yang tepat dan bila memungkinkan dilakukan penyuntikan anti tetanus.

      reply
  64. Edi  December 17, 2016

    dok, paha saya ketusuk besi tiang rumah smpai 4 titik..yg 1 titik nusuk nyamping ke paha smpai 7cm yg 3cuma kegores aj, dan langsung sya bawa ke ugd,Alhamdu udah di oprasi kecil disobek dikorek2 dijait juga suntik tetanus, dn yg 3 dibersihin, ini udah 6hari tp kulit paha disekitar goresan aga hitam tp gak terasa sakit, sdngkan yg smpai tembus malah normal warnanya.

    yg saya mau tanya, kenapa bisa berwarna hitam? padahal sudah ditanganin dgn benar. apakh itu cara kerja obat? atau saya terinfeksi? mohon pencerahannya dok

    #konsumsi obat -antibiotik -penghilang rasa nyeri.

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 19, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk penanganan luka yang dilakukan terhadap anda sudah tepat. Pada saat terluka, terjadi kerusakan pada jaringan tubuh. Proses penyembuhan dan pembentukan jaringan baru, tidak bisa mengembalikan kondisi seperti awal sebelum terjadi luka. Seperti halnya luka gores, bila terlalu dalam pasti akan meninggalkan bekas luka walaupun sudah dinyatakan sembuh. Proses penyembuhan luka dan pembentukan jaringan baru tidak sempurna sehingga meninggalkan bekas pada kulit. Terkadang bekas cacar yang terlalu dalam atau dipencet-pencet juga bisa menimbulkan bekas luka berwarna hitam dikulit. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, selama tidak ada keluhan pada daerah tersebut.

      reply
  65. cici  December 20, 2016

    dok saya mau tanya, kaki saya habis terkena paku, sudah 1 minggu berjalan lukanya sudah menutup tapi kaki saya masih bengkak, memar di sekitar luka sama sering kesemutan
    saya harus bagaimana dok, apakah masih memungkinkan jika suntik anti tetanus dengan jangka waktu 1 minggu dari hari kejadiannya.. mohon jawabannya

    reply
  66. cici  December 20, 2016

    kemudian dok jika kaki saya mengarah kepada infeksi sekunder, menurut jawaban dokter dari penanya sebelum nya penanganan nya dibersihkan lukanya dan diberi obat anti biotik, namun dok jika luka saya sudah tertutup.. bagaimana cara membersihkan nya
    terima Kasih, mohon jawabannya dokter

    reply
    • dr I Dewa Gede Dony Lesmana  December 20, 2016

      Terima kasih atas pertanyaannya. Apabila pada hari ke 7 msh bengkak dan memar ada kemungkinan terjadi infeksi skunder. Sebaiknya dikonsultasikan kedokter untuk menentukan apakah perlu tindakan medis tertentu atau cukup dengan pemberian antibiotika saja. Walaupun luka sudah menutup, pembersihan luka msh bisa dikerjakan dengan melakukan tindakan medis tertentu terhadap luka tersebut. Untuk pemberian antitetanus setelah 1 minggu kejadian tidak membawa manfaat apa-apa.

      reply
      • ade  February 14, 2017

        dok adik saya 2 hari yang lalu kakinya tertusuk paku saya tidak tahu persis itu tertusuk paku atau apa tapi setelah 2 hari kaki adik saya bengkak ..gimana tuh dok

        reply
  67. Anonymous  December 29, 2016

    Dok sy mau tanya, 2 minggu lalu tumit sy menginjak paku payung sekitar 1 cm dirumah, tidak berdarah tapi sekarang tulang betis terasa ngilu, bgmn dokter, terimakasih.

    reply
  68. Ikhar romah  December 30, 2016

    Dok, kmren 3hr yg lalu sya trkena paku , kena paku nyh jam 8pagi trs saya k’dokter nyh jam 1,
    td wktu saya terkena paku saya sedikit pusing dok dan nyeri , trs setelah saya klinik saya di suntik dan di belek luka nyh di bersihkan siap tu rasa nyeri ad dok , dan esok hari nyh tidak ad rasa nyeri lg ,dan luka pun sdikit kering, kata dokter nyh siap di priksa 2hr nyh perban sruh di buka ,dan di ganti pkek handsaplas, kalo tidur suruh di bukak biar kering,
    apa kah saya harus priksa kn lg di klinik ap tidak usah dok ,

    reply
  69. Nunung  January 1, 2017

    Assalamualaikum dok, gini dok sdah 2 mggu sya demam ga sembuh” pdhal sya udah 4x prgi k dkter lalu sya coba tes darah, trnyta ada smcam virus atau bakteri dlm tbuh sya lalu sya ingat 2mgg yg lalu sya jtuh di kmar mndi dan kaki sya terkna seng lkanya emang sdah kering tpi msih trasa sakit dan aga bngkak, bgaimna cra mnanganinya dok?

    reply
  70. Nunung  January 1, 2017

    Assalamualaikum dok, sdah 2mgg sya demam ga sembuh” pdhal sya udah 4x k dkter tpi mlah ga mmbaik sma skli lalu sya coba tes drah trnyta dlm tbuh sya trinfksi virus atau bakteri, dekosit 12500, lalu sya ingat 2mgg yg lalu sya jtuh dan kaki sya trkena seng yg sdah brkrat, lukanya memng sdh kering tpi msih trsa sakit skli bhkan tlang jari kaki skit skli dan sdkit bngkak, bgaimna cra mnanganinya dok? Trims

    reply
  71. maia dewi  January 4, 2017

    Dok mau tanya wktu hari senin kaki saya seperti kegores kawat springbed biasanya goresan kecil langsung kering tapi sampai sekarang hari rabu kaki saya bengkak .lukanya jadi ada nanahnya trs jempol yg ada lukanya kaya kaki keram seperti kaku gtu dok .itu trkena infeksi tetanus ga ya dok

    reply
  72. wulan  January 14, 2017

    Permisi dokter, mau nanya. Ayah pernah tertusuk paku diberi anti tetanus, selang beberapa bulan ayah saya tertusuk paku lagi dan diberi anti tetanus lagi. Hal tersebut bisa menyebabkan kuman jadi resisten apa tidak ya dok? Terimakasih

    reply
  73. sri  January 18, 2017

    Anak saya 4.5 thn baru kemaren sore tertusuk paku berkarat langsng dbersihkan dgn air sabun dan air nacl, malam pas lagi tidur terlihat kaki tanganya bergerak tidak terkendali langsung sy bw ke praktek spesialis anak dan disarankan rawat inap skg lg dirmh sakit malamnya lsg diberi anti tetanus..kondisi anak sy stabil tdk ada demam dan kejang lg makan lahap dan komunikasi lancar tp masih observasi sd 3 hr dan pemberian ab..masihkah ada kemungkinan dgn bisa terjadi tetanus dan infeks8 sekundernya

    reply
  74. ani marsela  January 19, 2017

    dok,4 hari yang lalu kaki saya tertusuk paku,kmren baru sempet suntik tetanus,saat tertusuk tidak mengeluarkan darah dan lobangnya pun ga kelihatan,tapi kalau saya jalan terasa sakit,kira2 apa saya harus ke rumah sakit untuk berobat lagi

    reply
  75. amarhkan  January 20, 2017

    Dokter.aku mau nanyak.sebulan yg lalu anak saya usia 6 tahun tertusuk besi di telapak kaki.tidak dibersihkan karna dia nggak mau takut.akhirnya bengkak.bernanah.dan tembus keatas kaki.trus kami bawa kepuskesmas.lalu luka itu dibersihin.udah seminggu kmudian luka itu blum smbuh dngan sempurna.pertanyaan nya apakah bisa sembuh tanpa harus di operasi.krna saya tidak tega …

    reply
  76. santy  January 23, 2017

    Dok,
    Semalam jam 8 kaki saya tertusuk kawat kedalamannya miring sekitar 1inchi, sudah dibersihkan dengan air bersih, rivanol dan betadine, lubangnya kecil dan hanya mengeluarkan sedikit sekali darah di permukaan, karena batas waktu suntik tetanus sudah lewat , penanganan apa yg harus saya lakukan. Saya tidak demam namun di sekitar luka tusukan nyeri dan sedikit bengkak.

    reply
  77. yenti marlina  January 27, 2017

    maaf dok saya mau tanya di atas sudah saya baca bahwa yang terkena paku barkarat yang sudah mengeluarkan nanah dokter sarankan untuk dibedah, lalu bagaimana dengan orang yang bertekanan darah tinggi dok? awal nya yang kata dokter ditmpat saya tidak boleh dibedah karna tekanan darahnya tinggi, apa solusi selanjutnya dok? mohon informasinya

    reply
  78. haris  February 4, 2017

    Saya terkena luka karena pisau ketika hari jum’at kemarin, kebetulan karena darah tidak berhenti saya langsung ke rs dan sempat mendapatkan perawatan tetapi memutuskan tidak untuk mendapatkan suntikan tetanus dulu, hari selasa besok rencana saya untuk kontrol. Di sekitar perban luka saya kulit sekitarnya sedikit menghitam, apakah itu salah satu indikasi terjadi infeksi ataukah bukan ? karena saya sedikit merasakan sakit jika menggerakkan tangan yang terluka tetapi tidak terlalu. Jika seandainya terdeteksi tetanus sebelum menjadi parah, seperti apakah pengobatannya. Terima kasih.

    reply
  79. SyechaNR  February 6, 2017

    3 hari lalu kaki saya kena paku trus saya kasih alkohol aja, Saya takut kena tetanus kalo baru ke Puskesmas apa sudah telat?

    reply
  80. Ilmiati  February 8, 2017

    Maaf dok sy mau tanya…apakah infeksi tetanus bisa muncul setelah kurang lebih 1 tahun setelah tertusuk paku?

    reply
  81. Sulton  February 10, 2017

    Saya terkena paku tapi tidak di apaain tidK di bawa rumaj sakit lepala says pusing badan lemas

    reply
  82. Pretty  February 19, 2017

    Dok mau tanya, sekitar 2 minggu yg lalu ayah saya ketusuk paku pada telapak kaki, langsung dibawa ke puskesma dan dilakukan tindakan operasi kecil telapak dibersihkan di bius dan di keluarkan darahnya, namun sampai sekarang kakinya masi bengkak, sudah dibawa kedokter juga dan dikasi obat, obatya rutin diminum, tapi kenapa masi bengkak dok? Dan ayah saya kalo diajak kedokter lagi enggan soalnya hasilnya tetap, dan memilih membiarkan, tolong arahanya dok, thanks

    reply
  83. ijul  March 1, 2017

    Malam dok,barusan sekitar sore hari saya terkena kawat berkarat di lengan.dan tidak dalam,hanya kulit.dan sedikt berdarah,luka kecil.saya bersihkan air hangat dan bethadi.lalu jam 6 sore saya ke klinik.cuma dibersihkan aja sama nhcl tidak disuntik tetanus.apakah benar penangananya dok

    reply
  84. Anonymous  March 7, 2017

    beberapa hari yg lalu kaki saya habis terkena paku, setelah itu kaki saya terasa gatal. itu kenapa ya dok

    reply
  85. dei melia  March 8, 2017

    Dok.kaki sy terkena paku tapi tdk tertusuk oleh bagian paku yg lancip, tp bag.atas paku, dan tidak brdarah, apkh perlu penanganan medis?

    reply
  86. fira  March 10, 2017

    dokter, Ibu saya terkena paku tadi sore. Ini sudah di tekan2 biar darahnya keluar dan sudah di bilas air hangat serta dikasih betadin, Apa perlu Suntik tetanus atau periksa ke rs?
    takut ada apa2 dok ?

    reply
  87. Devianatasya  March 12, 2017

    kak sabtu kemarin saya terkena paku saya tidak memberi tahu orangtua saya,karna saya kira ini hal sepele yg bakal sembuh secpatnya ternyata ketemu minggu depan kaki saya bengkak dan terasa sangat sakit yg takterkira saya cek ke dokter katanya saya sudah terkena penyakit tetanus,apakah akan selamanya saya mengidap penyakit tetanus ini?

    reply
  88. anggie  March 16, 2017

    Siang dok,
    Suami saya terinjak paku berkarat 5 hari lalu, lgsung dipencet hingga banyak darah keluar lalu dibersihkan dan diberi betadine, sampai sekarang tidak ada bengkak apapun diluka tsb. Kira2 kemungkinan terkena tetanus tidak ya dok ? trims

    reply
  89. khairul tambunan  March 16, 2017

    siang dok, saya mau nanya.
    2 minggu yang lalu kaki saya tertusuk paku tapi tidak segera di obati.

    kemudian lukanya membengkak, dan hari ini saya bawa ke rumah skit.
    lukanya di sayat biar ada oksigen yang masuk kata dokter nya.
    dan di bersihkan dengan rivanol, cairan infus dan betadine.
    kemudian diberi obat.

    apakah penangannya sudah cukup dok?

    reply
  90. Haekal  March 19, 2017

    Selamat malam dok. Apakah ada cara lain selain dibawa ke RS jika terkena paku ?

    reply
  91. riani  March 27, 2017

    Pagi dok.. Salam sehat slalu.
    Tadi subuh sy menginjak paku payung ukuran 3/8.. Tapi pakunya masih baru dan gak berkarat.. Hnya berdarah sbntar lalu darah berhenti sndiri.. Dan sya hnya bersihkan dgn air bersih mngalir dok. Bgmna mnurut dokter tntang paku yg masih baru dan tdk brkarat. Apakah mnimbulkan tetanus? Mksh dok..

    reply
  92. aldo  April 1, 2017

    dok saya terkena paku berkarat tapi nggak terlalu tidak keluar darah saya lap pakai tisu hanya cairan hitam saya sudah kasih minyak apakah beresiko tetanus dok

    reply
  93. tony  April 2, 2017

    Dok qw baru terkena paku. Sekarang bengkak apakah hal yang harus saya lakukan untuk mengurangi nyerinya sedangkan klinik jauh sya kerja d plosok dok

    reply
  94. Eri Listriyanna  April 5, 2017

    Dok telapak kaki ayah saya tertusuk paku berkarat dan sehari kemudian baru dibawa ke klinik. Dokter berkata itu sudah infeksi, kemudian ayah saya disuntik tetanus. Dok apakah tidak masalah ayah saya disuntik tetanus sehari setelah tertusuk? Karna di website ini mengatakan harusnya maksimal 8 jam:(

    reply

Add a Comment