Mari Berolahraga, Sebuah Awal Untuk Pola Hidup Sehat

Posted by:














“Saya sudah berolahraga dok, kan tiap hari saya ngepel, ngangkat air, nganter anak ke sekolah..haduuuh itu sudah keringetan doook”

Itulah yang sering disampaikan oleh pasien saat mereka diingatkan untuk berolahraga, padahal yang dimaksud dengan berolahraga adalah melakukan gerakan ritmis (berulang dan berima) selama sekitar 30 menit dan sebagai akibatnya akan terjadi peningkatan tekanan darah 10 hingga 20 mmHg. Tentunya hal ini tidak akan didapatkan bila kita mengepel lantai atau membersihkan atap sekalipun.

Olahraga pun juga harus bersifat aerobik, artinya asupan oksigen harus cukup, tehnik bernafas harus dilakukan dengan baik dan sebelum berolahraga dilakukan pemanasan dan pelenturan otot yang baik agar sirkulasi berjalan lancar dan kita terhindar dari cedera.

Namun sangat dipahami bahwa orang-orang Balikpapan memiliki ritme kerja yang tinggi dan tentunya waktu yang sedikit sekali untuk berolahraga. Namun harus disadari bahwa tidak ada gunanya bila kita memiliki uang berlimpah tapi tidak bisa menikmatinya karena kita tidak sehat.

Berolahraga dan memiliki pola hidup sehat adalah sebuah proses, bukan berarti kita harus langsung memiliki pola hidup yang ideal besok atau lusa, ini merupakan usaha untuk melakukan perbaikan sedikit demi sedikit sampai akhirnya pola hidup sehat bisa kita miliki. Dan mungkin video dari Dr. Oz tentang olahraga ringan selama 7 menit diatas bisa menjadi awal dari upaya kita untuk nantinya bisa berolahraga selama minimal 30 menit setiap hari, diikuti dengan pola hidup sehat yang lain. Kalo hanya 7 menit berarti tidak ada alasan terlalu sibuk lagi dong.

think positively

 




0

About the Author:

Add a Comment