balai pengobatan 2

Balai pengobatan umum merupakan salah satu dari jenis layanan di puskesmas yang memberikan pelayanan kedokteran umum berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan penyuluhan kepada pasien atau masyarakat agar tidak terjadi penularan dan komplikasi penyakit, serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarkat dalam bidang kesehatan .

Pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter dan perawat yang memiliki sertifikat dan kompetensi yang dibutuhkan untuk pelayanan kesehatan primer dan terus dilakukan upaya pengembangan kemampuan dari masing-masing personel dalam bentuk keikutsertaan dalam berbagai seminar dan pelatihan demi meningkatkan kerjasama tim didalam balai pengobatan umum. Dalam menjalankan fungsinya, balai pengobatan terintegrasi dengan seluruh unit pelayan lainnya dipuskesmas (Poli Gigi, Poli KIA, Poli Gizi, Apotek, Lab, dll)

SDM Balai pengobatan PKM Baru Tengah saat ini terdiri dari 2 orang dokter umum dan 5 orang perawat. Dalam upaya optimalisasi pelayanan balai pengobatan dibagi menjadi poli dewasa dan poli anak yang dilengkapi dengan berbagai macam alat kesehatan untuk menunjang diagnosa dan pengobatan seperti : termometer, tensimeter, timbangan, stetoskop, respiration timer, timbangan, EKG, Nebulizer, dll.

 

 

Upaya Kesehatan yang dilakukan oleh Bali Pengobatan Umum dibagi menjadi upaya kesehatan wajib dan upaya kesehatan pengembangan. Upaya Kesehatan Wajib terdiri dari upaya promosi kesehatan, Upaya Kesehatan Ibu dan Anak dan Keluarga Berencana (Upaya KIA dan KB), Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular (Upaya P2PM), dan tentunya Upaya Pengobatan.

balai pengobatan

Sementara Upaya Kesehatan Pengembangan di Puskesmas Baru Tengah terdiri dari:

¨  Pelatihan Dokter Kecil

¨  Penyuluhan KSTR

¨  Penyuluhan UKK

¨  Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja

¨  Posyandu Narkoba

¨  Pembinaan Kesehatan Olahraga

¨  Penjaringan kesehatan mata anak sekolah

¨  Penjaringan Kesehatan anak sekolah

Balai pengobatan Puskesmas Baru Tengah melayani pasien dengan berbagai system pembayaran baik pasien umum yang melakukan pembayaran cash maupun pasien jaminan. Pasien jaminan yang dimaksudkan adalah pasien-pasien yang merupakan anggota BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang terdiri dari pasien Jamkesmas, pasien Askes, maupun anggota BPJS non PBI (Penerima Bantuan Iuran) karena Puskesmas Baru Tengah merupakan salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat I (FKTP I) yang ada di wilayah Balikpapan Barat.