Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat

Upaya Perbaikan Gizi masyarakat bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi serta konsumsi pangan, sehingga berdampak pada perbaikan keadaan atau status gizi, terutama status gizi kurang dan status gizi buruk, serta mempertahankan keadaan status gizi baik.

Dengan telah berfungsinya Poliklinik Gizi (POZI) di Puskesmas Baru Tengah Balikpapan, sangat membantu dalam penanganan beberapa kasus gizi buruk / gizi kurang atau kesulitan makan pada bayi / balita maupun pemberian panduan diet pada pasien dengan penyakit kronis, seperti Diabetes Mellitus, Hipertensi, TB Paru, maupun Obesitas.

Pelayanan gizi di Puskesmas Baru Tengah meliputi :

a) Pembinaan Upaya Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK)
Kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan sesuai jadwal Posyandu yang mencakup 50 RT Posyandu yang tersebar di Wilayah Kerja Puskesmas Baru Tengah.

b) Pemberian Kapsul Vitamin A Dosis Tinggi
Kegiatan ini dilaksanakan di Puskesmas, Posyandu, dan Taman Kanak-kanak (TK), yang pelaksanaannya pada bulan Februari dan Agustus.

c) Pelayanan dan Konseling Gizi
Kegiatan ini dilaksanakan di Puskesmas dengan membuka poliklinik gizi yang buka setiap hari kerja sesuai dengan jam pelayanan, baik pasien yang datang langsung ke Puskesmas maupun pasien rujukan dari poli anak, KIA, BP yang ada di Puskesmas, bahkan ada rujukan dari kader posyandu.

Pencapaian Program Gizi pada tahun 2013 dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Pencapaian Program Gizi